Baby Boomers, Millennial, Hingga Generasi Alpha, Kamu Generasi Yang Mana?

Baby Boomers, Millennial, Hingga Generasi Alpha, Kamu Generasi Yang Mana?


Akhir – akhir ini, istilah ‘milenial’ cukup sering terdengar. Salah satunya dalam dunia partai politik, banyak partai politik yang mengusungkan calon mereka dengan kata caleg milenial. Selain dalam dunia partai politik, banyak media berita yang menambahkan kata ‘milenial’ pada berita produksi mereka. Milenial sendiri, dilansir dari Tirto.id menjelaskan bahwa generasi milenial, yang punya nama lain Generasi Y, adalah kelompok manusia yang lahir di atas tahun 1980-an hingga 1997. Pengelompokan generasi sendiri terjadi karena adanya kejadian – kejadian atau fenomena yang tercatat dalam sejarah, dan dialami oleh sekelompok orang. Menurut Dencker(2008), kejadian tersebut menyebabkan terbentuknya ingatan secara kolektif yang berdampak dalam kehidupan mereka. Lalu menurut Caspi & Roberts (2001), kejadian historis, sosial, dan efek budaya bersama dengan faktor – faktor lain ini akan berpengaruh terhadap terbentuknya perilaku individu, nilai, dan kepribadian.
Nah selain generasi milenial, ada generasi lainnya yang juga memiliki julukan berbeda


  1. Generasi Baby Boomers


Generasi ini adalah generasi yang lahir dalam rentang tahun 1946 hingga – 1964. Dinamakan baby boomers, karena pada generasi ini memiliki angka kelahiran yang tinggi, yang merupakan imbas dari perang dunia II. Karena memiliki angka kelahiran yang tinggi, generasi ini memiliki banyak saudara. Generasi ini juga dianggap memiliki pengalaman hidup yang banyak.

2. Generasi X



Generasi X merupakan generasi yang lahir pada tahun 1965 hingga 1980. Merupakan generasi awal yang mencicipi teknologi, khususnya teknologi komunikasi seperti personal computer (PC), video games, internet, dan menjadi generasi awal pula yang dapat menyimpan data pribadi melalui disket. Standar ‘gaul’ generasi ini adalah MTV dan video games seperti Pac Man (22 Mei 1980). Disamping perkembangan hal positif dari sisi teknologi, generasi ini, menurut Jane Deverson, mulai memiliki beberapa tingkah laku negatif, salah satu contohnya adalah membangkang kepada orang tua. Dan pada generasi ini pula, musik punk mulai terkenal dan beberapa contoh band nya adalah The Stooges dan Ramones.

3. Generasi Y



Generasi ini lahir pada tahun 1981 hingga 1994. Generasi ini akrab disapa sebagai generasi millennial. Mereka melanjuti perkembangan teknologi yang sudah digunakan oleh generasi X. Generasi ini menguasai teknologi yang lebih maju dari generasi Y, salah satu contohnya adalah smartphone. Karena kedekatan dengan teknologi tersebut, generasi ini banyak menggunakan teknologi komunikasi instan seperti e-mail, SMS, dan media sosial seperti Instagram, WhatsApp, dan banyak lagi. Perkembangan pada generasi ini juga terjadi pada bidang video game, yaitu lebih adiktif terhadap online video game.

4. Generasi Z



Merupakan generasi yang lahir dari antara tahun 1995 hingga 2010. Generasi ini merupakan generasi peralihan dari generasi milenial, dengan diiringi perkembangan teknologi yang semakin maju. Disebut juga iGeneration, mereka memiliki kemampuan yang sama dengan generasi milenial, namun mereka mampu mengerjakan semua kegiatan dalam satu waktu seperti mendengarkan musik, mengambil foto, dan membaca berita dalam satu perangkat saja. Generasi ini juga sangat dekat dengan dunia maya. Pengaruh gadget dan teknologi telah dekat dengan mereka sedari kecil, dan secara tidak langsung mempengaruhi kepribadian mereka.

5. Generasi Alpha


Generasi ini merupakan generasi kelahiran tahun 2010 hingga sekarang. Menurut penelitian, generasi ini sangat terdidik karena masuk sekolah lebih awal dan banyak belajar. Selain itu, mereka memiliki orang tua dengan kemampuan yang cukup dan memiliki sedikit saudara kandung. Generasi ini merupakan generasi yang jauh lebih modern dari dua generasi sebelumnya, dan tidak menutup kemungkinan mereka akan jauh lebih menguasai teknologi dari generasi – generasi sebelumnya.
Setiap generasi memiliki karakter dan latar belakang yang berbeda. Karena hal itu, kita harus menghormati tiap orang yang berasal dari generasi yang berbeda, dan tidak menutup kemungkinan dapat menjadi jalan kita membangun kehidupan bersama sama, generasi antar generasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar